Pengenalan Object Oriented Programming (OOP)
Selamat malam sobat semua, gimana kabarnya malam minggu ini, banyak yang kencan pastinya, ciee yang jones ngirii :D. Okee langsung aja kita ke topik kali ini saya mau membahas tentang OOP.
OOP singkatan dari Object Oriented Programming dalam bahasa indonesia disebut Pemrograman Berorintasi Object.
Pemrogramman Berorientasi Object adalah Suatu metode dalam pemrograman yang berorientasi pada object. Tujuan dari OOP adalah untuk mempermudah membangun sebuah sistem program dengan cara mengikuti model dalam kegiatan sehari hari
Istilah OOP
1. Object
Object adalah semua yang ada di dunia nyata seperti mobil, motor, sepeda, komputer, dll. Setiap object memiliki atribut, object berfungsi untuk membungkus data dan fungsi bersama pada stu unit pada sebuah program komputer.
2. Class
Definisi class yaitu template untuk membuat object. Class merupakan prototipe yang mendefinisikan variabel variabel dan method-method secara umum. Object merupakan hasil instansi dari suatu class. Proses pembentukan object dari suatu class disebut sebagai instantion.
3. Attribute
Attribut adalah data yang membedakan antara objek satu dengan yang lainnya. Dalam class,attribut sering disebut sebagai variabel.
4. Behavior
Behavior adalah hal-hal yang bisa dilakukan oleh objek dari suatu class. Behavior dapat digunakan untuk mengubah nilai atribut suatu objek, menerima informasi dari objek lain dan mengirim informasi ke objeklain untuk melakukan suatu tugas. Dalam class, behavior disebut juga method
5. Abstraksi
Abstraksi adalah kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti.
Sebagai contoh kita langsung aja coba membuat scriptnya :
Buatlah folder Belajar didalam htdocs, didalam folder buat lah folder lagi dengan nama oop.
Buat file power_supply.php di dalam folder oop, tuliskan script ini:
<?php
class power_supply {
var $merk;
var $daya;
public function __construct() {
}
public function merk($merk) {
$this->merk = $merk;
return $this;
}
public function daya($daya) {
$this->daya = $daya;
return $this;
}
public function pasang() {
$pasang = array(
'merk' => $this->merk,
'daya' => $this->daya
);
return $pasang;
}
}
?>
Buat file lagi dengan nama computer.php didalam folder oop:
<?php
include "power_supply.php";
$a = new power_supply();
if(isset($_POST['merk'])) {
$pasang = $a->merk($_POST['merk'])->daya($_POST['daya'])->pasang();
}
$pasang = $a->pasang();
echo $pasang['merk']."</br>";
echo $pasang['daya'];
?>
<html>
<head>
<title>OOP</title>
</head>
<body>
<form action="computer.php" method="post">
<table>
<tr>
<td>Masukkan merk</td>
<td><input type="text" name="merk"></td>
</tr>
<tr>
<td>Masukkan daya</td>
<td><input type="text" name="daya"></td>
</tr>
<tr>
<td><input type="submit" value="simpan"></td>
</tr>
</table>
</form>
</body>
</html>
Jangan lupa nyalakan Apache di Xampp. Terus ketikkan localhost/belajar/oop/computer.php didalam browser dan tampilannya akan seperti ini:
masukkan "sturdy" dalam form merk, dan "1000"pada form daya:

hasilnya adalah:

Kesimpulan dari script diatas adalah kita memasukkan data dan menampilkannya.
Begitulah pengenalan OOP pada kali ini jika kurang silahkan berkreasi sendiri :D
Sampai jumpa lagi \m/
OOP singkatan dari Object Oriented Programming dalam bahasa indonesia disebut Pemrograman Berorintasi Object.
Pemrogramman Berorientasi Object adalah Suatu metode dalam pemrograman yang berorientasi pada object. Tujuan dari OOP adalah untuk mempermudah membangun sebuah sistem program dengan cara mengikuti model dalam kegiatan sehari hari
Istilah OOP
1. Object
Object adalah semua yang ada di dunia nyata seperti mobil, motor, sepeda, komputer, dll. Setiap object memiliki atribut, object berfungsi untuk membungkus data dan fungsi bersama pada stu unit pada sebuah program komputer.
2. Class
Definisi class yaitu template untuk membuat object. Class merupakan prototipe yang mendefinisikan variabel variabel dan method-method secara umum. Object merupakan hasil instansi dari suatu class. Proses pembentukan object dari suatu class disebut sebagai instantion.
3. Attribute
Attribut adalah data yang membedakan antara objek satu dengan yang lainnya. Dalam class,attribut sering disebut sebagai variabel.
4. Behavior
Behavior adalah hal-hal yang bisa dilakukan oleh objek dari suatu class. Behavior dapat digunakan untuk mengubah nilai atribut suatu objek, menerima informasi dari objek lain dan mengirim informasi ke objeklain untuk melakukan suatu tugas. Dalam class, behavior disebut juga method
5. Abstraksi
Abstraksi adalah kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti.
Sebagai contoh kita langsung aja coba membuat scriptnya :
Buatlah folder Belajar didalam htdocs, didalam folder buat lah folder lagi dengan nama oop.
Buat file power_supply.php di dalam folder oop, tuliskan script ini:
<?php
class power_supply {
var $merk;
var $daya;
public function __construct() {
}
public function merk($merk) {
$this->merk = $merk;
return $this;
}
public function daya($daya) {
$this->daya = $daya;
return $this;
}
public function pasang() {
$pasang = array(
'merk' => $this->merk,
'daya' => $this->daya
);
return $pasang;
}
}
?>
Buat file lagi dengan nama computer.php didalam folder oop:
<?php
include "power_supply.php";
$a = new power_supply();
if(isset($_POST['merk'])) {
$pasang = $a->merk($_POST['merk'])->daya($_POST['daya'])->pasang();
}
$pasang = $a->pasang();
echo $pasang['merk']."</br>";
echo $pasang['daya'];
?>
<html>
<head>
<title>OOP</title>
</head>
<body>
<form action="computer.php" method="post">
<table>
<tr>
<td>Masukkan merk</td>
<td><input type="text" name="merk"></td>
</tr>
<tr>
<td>Masukkan daya</td>
<td><input type="text" name="daya"></td>
</tr>
<tr>
<td><input type="submit" value="simpan"></td>
</tr>
</table>
</form>
</body>
</html>
Jangan lupa nyalakan Apache di Xampp. Terus ketikkan localhost/belajar/oop/computer.php didalam browser dan tampilannya akan seperti ini:
masukkan "sturdy" dalam form merk, dan "1000"pada form daya:

hasilnya adalah:

Kesimpulan dari script diatas adalah kita memasukkan data dan menampilkannya.
Begitulah pengenalan OOP pada kali ini jika kurang silahkan berkreasi sendiri :D
Sampai jumpa lagi \m/
Komentar
Posting Komentar